Rabu, Juli 24, 2024

Creating liberating content

Sektor Makanan dan Minuman...

Jakarta, Limbahnews.com - Sejumlah tantangan harus dihadapi industri plastik hilir. Sebut saja terimbas...

Bank Dunia Soal Daur...

Jakarta. Limbahnews.com - Negara-negara Asia Tenggara merugi sebanyak US$ 6 miliar atau Rp...

Pelaku Industri Kimia dan...

Jakarta, Limbahnews.com - Pelaku industri plastik yang tergabung dalam Asosiasi Industri Olefin, Aromatik...

Angkasa Pura Properti dan...

Medan, Limbahnews.com - PT Angkasa Pura Properti, salah satu anak perusahaan PT Angkasa...
BerandaTeknologiDigitalisasi 50 Bank...

Digitalisasi 50 Bank Sampah, Sekda Palangka Raya Berharap Semakin Diperluas

Palangka Raya, Limbahnews.com – Sebanyak 50 bank sampah di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mulai mengoperasionalkan digitalisasi bersama dengan aplikasi Mountrash.com. Sistem digital bank sampah itu akan lebih efisien dan efektif dalam mengatasi sampah, serta bisa mendapatkan data akurat untuk pengelolaan lebih lanjut.

Baca : PT Clariant Adsorbents Indonesia Diduga Cemari Sungai Cikaso-Sukabumi

Sekretaris Daerah Hera Nugrahayu yang hadir dalam peluncuran Bank Sampah Digital secara virtual, Jumat (6/8/2021), sangat berharap agar penerapan sistem digitalisasi bank sampah itu semakin diperluas. Selain bisa mengatasi sampah atau limbah masyarakat, pengelolaan bank sampah diharapkan memperindah kota di garis Khatulistiwa tersebut.
“Ini kesempatan yang baik sebagai langkah memperkuat inovasi dalam pengelolaan sampah. Banyak yang bisa kita benahi di kota Palangka Raya ini, meski di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Baca : Pelatihan Bank Sampah Digital, Sumpah Pemuda ala Mountrash dan Bank DKI

Dia mengaku senang dalam kerja sama dengan Mountrash karena berbagai penanganan sampah yang pernah dilihatnya di luar negeri bisa terwujud. “Saya pernah belajar soal penataan kota dan sampah di Kanada dan Australia, mudah-mudahan pengelolaan sampah bisa mendekati mereka,’ jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangkaraya, Ahmad Zaini, mengatakan langkah awal dimulai dengan 50 bank sampah dan pihaknya akan terus memperbanyak bank sampah yang terlibat. Untuk itu, kami gencar dalam memberikan pelatihan dan memfasilitasi masyarakat untuk segera membentuk bank sampah mandiri. “Kami terus memperbanyak pelatihan agar optimalisasi digital ini semakin banyak diikuti bank sampah,” katanya.

Baca : Prediksi Limbahnews.com Benar, Jokowi Siapkan Rp 1,3 Triliun Olah Limbah Medis

Dalam peluncuran tersebut, Gideon W Ketaren selaku CEO Mountrash Avatar Indonesia mengatakan digitalisasi bank sampah akan semakin mempermudah pengelolaan sampah. Sampah yang sudah terpilah dalam sistem digital ini juga semakin mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

“Tidak mudah mengatasi persoalan sampah tapi ini merupakan langkah revolusi mental yang seharusnya diikuti daerah-daerah lain. Palangka Raya sudah memberikan contoh yang baik kepada daerah-daerah lain,” ujar jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini. [LN-2] redaksi@limbahnews.com

Limbahnews.com adalah media informasi limbah/sampah, solusi, teknologi, bisnis, industri, dan inovasi ekonomi sirkular. Platform ini juga melayani berbagai jasa, AMDAL, konsultasi, promosi, penguatan brand/citra, serta berbagai kerja sama atau kegiatan pelestarian lingkungan lainnya. Info rinci melalui 081356564448.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...