Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Botol PET Wajib Pakai...

Jakarta, Limbahnews.com - Asosiasi Industri Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) menyatakan kewajiban menggunakan...

Indonesia Luncurkan Bursa Karbon,...

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Bursa Karbon pada hari Selasa lalu (26/9/23) ....

Ancaman Investasi Kabur Usai...

Jakarta, Limbahnews.com -- Sejumlah pengamat melihat ancaman hambatan investasi masuk ke Indonesia melalui...

Peluang Bisnis Pengelolaan Limbah...

Jakarta, Limbahnews.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) melihat adanya potensi untuk terlibat...
BerandaKomunitasSetelah Pelatihan, Bank...

Setelah Pelatihan, Bank Sampah Mountrash Diharapkan Bisa Benahi Jakarta

Peserta pelatihan mendengarkan penjelasan memilah sampah.

Jakarta, Limbahnews.com – Setelah mengikuti pelatihan, para anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta berharap Bank Sampah Mountrash segera dimplementasikan. Selain bermanfaat bagi masyarakat, implementasi bank sampah diharapkan bisa bersinergi membenahi Jakarta.

Hal itu disampaikan Asmaruddin yang juga anggota PC GP Ansor Jakarta Pusat serta Dadya Manggala dari Lembaga Perekonomian dan Badan Usaha-PW GP Ansor DKI Jakarta di Jakarta, baru-baru ini.

Asmaruddin cukup antusias mengikuti pelatihan yang digelar bersama Bank DKI pada Sabtu (4/7/2020) lalu. Pelatihan terkait Bank Sampah Mountrash itu dimaksudkan untuk mengelola sampah plastik dalam kaitan melestarikan lingkungan, juga bisa mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Baca : Didukung Bank DKI, Ansor DKI Gelar Pelatihan Bank Sampah Mountrash

Dia juga yakin Bank Sampah Mountrash ini bisa berkontribusi dalam membenahi urusan sampah di DKI Jakarta.
“Pelatihan bank sampah bersama Bank DKI tersebut sangat bagus. Ini bisa saling bersinergis dalam membenahi kota Jakarta,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Dadya bahwa pelatihan bank sampah tersebut bisa diwujudkan dengan bermitra bersama Bank DKI. Bilai perlu Bank DKI memberikan deposit awal sehingga mempermudah aktivitas pengelolaan sampah plastik.

Baca : Baru Resmikan Pusat Daur Ulang, Limbah Medis di Bekasi Justru Bermasalah

“Kami berharap Bank DKI memberikan deposit awal,” ujarnya.
Pekan lalu, pelatihan digelar di Kantor Pusat Bank DKI, Jakarta Pusat, diikuti 25 peserta yang merupakan perwakilan dari pengurus 5 wilayah GP Ansor di Jakarta.

Co-Founder Mountrash Titik Nuraini mengatakan pelatihan tersebut sebagai langkah awal bagi GP Ansor dan komunitas terkait lainnya dalam menerapkan digitalisasi bank sampah di 5 wilayah DKI Jakarta. Untuk pilot project dari program tersebut akan dilakukan di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Kemudian untuk wilayah lainnya akan mengikuti perkembangan dari dua 2 wilayah pilot project tersebut.

Baca : Omset Emiten Daur Ulang Sampah Plastik Melonjak 25%

Seperti diketahui, Mountrash merupakan aplikasi pengelolaan sampah, terutama sampah plastik, yang merupakan salah satu terobosan dalam mengatasi sampah melalui digitalisasi. Melalui Mountrash, upaya mengatasi sampah juga memberikan keuntungan kepada para pihak yang terkait.
“Ini merupakan bentuk kolaborasi yang sangat bagus antara anggota Ansor, Mountrash, yang didukung oleh Bank DKI,” kata Titi. [LN-03]

limbahnews.com || redaksi@limbahnews.com

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...